Kamis, 02 Agustus 2012

Miss our old river :(

Sekarang kota kita sepertinya telah berbenah, saya lihat banyak pembangunan yang tengah dilaksanakan, salah satunya adalah pembangunan siring. Siring memang sangat bagus untuk dibangun selain sebagai pencegah erosi, siring juga bisa untuk mempercantik kota kita kita.
Saya juga sangat suka dengan pemandangan khas yang hanya dapat kita temui disini, yakni sungai yang terus-terusan membentang sepanjang kota. Alhamdulillah Allah SWT memberikan sedikit nikmatnya-Nya untuk kita rasakan.

Tetapi saya rasa, semakin tahun sungai kita semakin menyempit dan tentu saja semakin kotor. Banyak sampah serta tanaman-tanaman liar. Sering saya melihat di bawah jembatan di pasar ujung murung terjadi penumpukan sampah dan tanaman eceng gondok, sehingga terbentuk seperti sebuah pulau yang amat lebar dan tidak enak dipandang.

Lalu ini salah siapa? “Loh ini salah pemerintah kan yang tidak melaksanakan tugasnya,” begitulah ucap orang-orang awam. Orang-orang yang tidak mau tahu dan tidak mau peduli, they don’t care about everything, hanya bisa menyalahkan orang lain tanpa ada sikap untuk membantu merubahnya.

Ini bukan salah pemerintah, bukan salah rakyat, bukan juga salah paman tukang pungut sampah. Ini salah kita semua! Kita yang tidak peduli, kita yang tidak mau menjaga dan kita yang suka seenaknya.

Tanpa memikirkan apa dampak untuk sungai, orang-orang yang rumahnya dipinggiran sungai sering membuang sampah mereka ke sungai tersebut, belum lagi banyak yang mencuci baju, dan membuang hajat. Apa dampaknya? Apakah tidak ada penyuluhan? Seharusnya pemerintah memberitahukan dampak dari apa yang mereka perbuat, dampak jika membuang sampah di sungai, dampak jika mereka tidak menjaga sungai itu.

Rumah-rumah sewaan yang ada di pinggir sungai pun tak jarang tidak memiliki wc dan kamar mandi, sehingga mereka harus melakukan aktivitas wajib mereka di sungai.

So, dengan alasan apalagi kita harus menunggu menjaga sungai? Yuk kita semua jaga sungai kita, lestarikan untuk anak cucu kita kelak. Gerakan tangan kita mulai sekarang, kita mulai perbenahan untuk sungai kita agar kembali jernih seperti dulu.


"SAVE OUR RIVER"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar